Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 11 Januari 2012

Rabu, 11 Januari 2012

PROPOSAL RUMAH CAHAYA


PROPOSAL TAMAN BACAAN
BERBASIS PANTI ASUHAN DI KABUPATEN SAMBAS


Pendahuluan
Ilmu adalah pelita kehidupan. Tanpa ilmu, seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Terlebih-lebih di zaman millenium, yang segala sesuatunya didasarkan pada sains. Maka, ilmu menjadi sesuatu yang wajib dimiliki semua orang.
Salah satu sumber ilmu adalah buku. Darinya diperoleh berbagai pengetahuan. Jadi tidaklah salah jika buku dapat dijadikan sebagai jendela dunia. Dan satu-satunya cara mengetahui isi buku hanya dengan membacanya. Akan tetapi ternyata, menjadikan kegiatan ini sebagai kebutuhan hanyalah dimiliki oleh beberapa orang saja. Bukan dikarenakan tidak adanya minat. Melainkan, seringkali infrastruktur yang kurang lengkap menyebabkan aktifitas itu terhambat. Salah satunya adalah penyediaan sarana perpustakaan atau taman bacaan yang akan menstimulus kebiasaan membaca.
Selama ini banyak taman bacaan didirikan. Namun taman bacaan itu hanya dijadikan tempat membaca. Belum ada taman bacaan yang sekaligus menjadi tempat membaca dan menulis, sekaligus menjadi sarana pengembangan kemampuan, keterampilan dan lain sebagainya. Yang juga diharapkan menjadi ruang pendidikan serta kreatifitas. Karena itulah LAZ TPU AL MUMTAZ KABUPATEN SAMBAS mencoba menawarkan konsep baru berupa RUMAH KREATIF. Selanjutnya rumah baca ini akan diberi nama Rumah CAHAYA, yang artinya Rumah (tempat) BaCA dan HAsilkan KarYA.



Mengapa Panti Asuhan
Kami menjadikan Panti Asuhan sebagai tempat dimana Rumah Cahaya ditempatkan, selain untuk membantu program pembinaan Panti Asuhan; harapan kedepan, kami bisa menjadikan Panti Asuhan sebagai mitra pengembangan dan pembinaan anak – anak dhuafa, baik yang masih sekolah ataupun tidak sekolah; sehingga pilihan terhadap Panti Asuhan sebagai lembaga sosial yang eksis dalam hal pelayanan bantuan sosial kepada masyarakat.

Manfaat
Rumah Cahaya merupakan tempat di mana mereka yang datang nyaman untuk membaca buku atau majalah, sekaligus memiliki kesempatan menuangkan pikiran dan gagasan dalam bentuk tulisan. Tempat ini diharapkan akan memberikan kesempatan bagi kalangan umum, khususnya kaum dhuafa untuk membaca lebih banyak buku, majalah dan sebagainya sehingga wawasan mereka akan lebih berkembang.
Rumah Cahaya juga akan men-suport kalangan umum, khususnya kalangan dhuafa dalam hal pengembangan diri, keterampilan hidup dan lain sebagainya. Salah satu program andalan dari Rumah Cahaya ini adalah program menulis,  minimal dilakukan seminggu sekali di hari Ahad, dalam bentuk bedah karya, diskusi, jumpa penulis, maupun workshop gratis untuk mereka yang datang di hari itu.


Profil LAZ TPU AL MUMTAZ
LAZ TPU AL MUMTAZ adalah lembaga yang berhikmat kepada masyarakat secara luas, dalam men-support dan memfasilitasi penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infak, shadaqah dan wakaf di Kalimantan Barat.
LAZ TPU AL MUMTAZ terletak di Jln. Ali Anyang No 3B Pontianak, Kalimantan Barat. Hingga saat ini sudah memiliki kantor cabang sebagai unit – unit penggerak program di beberapa kabupaten, sejalan dengan undang – undang pengelolaan zakat bahwa Organisasi Pengelola Zakat harus berada ditingkat provinsi dengan 40% kantor cabang di Kabupaten.
Buku-buku yang terdapat di perpustakaan Rumah Cahaya dikategorikan menurut usia pembacanya, yaitu anak-anak, remaja, dan dewasa. Buku anak-anak terdiri dari komik, majalah, dan buku dongeng. Buku remaja terdiri dari buku-buku fiksi islami dan majalah. Buku dewasa terdiri dari berbagai macam kategori, mulai dari fiksi, science, sosial, agama, filsafat, dll.


Kepengurusan LAZ TPU Al Mumtaz

Dewan Syariah      : Ust. Harjani Hefni, Lc
Dewan Pengawas  : Supardi, S.Ag
Direktur               : Eko Novianto, Sp

Kantor Cabang LAZ TPU Al Mumtaz Kabupaten Sambas
Kepala Cabang/Penanggungjawab Program          : Denie
Div Admin Keu                                                     : Lustiana
Div Penghimpunan                                                : Hasan



Program Kegiatan Rumah Cahaya LAZ TPU Al Mumtaz
Study Club
Program ini untuk membantu anak – anak di Panti Asuhan dan sekitarnya untuk mendapatkan bimbingan belajar, dibantu oleh beberapa tutor; program ini dilakukan secara umum (general class), tidak mematok pada satu atau dua mata pelajaran. Misalnya keterampilan komputer, dan lain sebagainya.

Klub Baca
Klub baca adalah upaya untuk mengajak, mensosialisasikan gerakan membaca bagi anak – anak usia sekolah; di mana setiap anggota dari klub membaca akan memberikan stimulus sosial kepada anak – anak yang lainnya untuk gemar membaca. Beberapa agenda bagi klub membaca ini seperti Bakar Sate (Bahasa Karya Sambil Telaah), yang diadakan setiap dua pekan sekali setiap hari minggu jam 13.00-15.00 WIB, selain itu juga ANTIBAR (Ayo Telaah Sambil Nonton bareng), yakni program telaah film, dokumentasi. Selain itu Klub Baca juga akan mengadakan lomba resensi setiap satu tahun sekali, serta pelatihan-pelatihan seperti kepustakaan, dll.

Klub Menulis
Sesuai dengan konsep Rumah Cahaya yang merupakan Rumah Baca dan Hasilkan Karya, kedepan kami akan bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena Kalimantan Barat, sebagai sebuah komunitas penulis untuk mengadakan agenda – agenda yang dapat menstimulus pengembangan minat dan bakat menulis bagi anak – anak.

Klub Bahasa Inggris
Bahasa Inggris merupakan bahasa pergaulan internasional. Tidak semua orang berkesempatan mengenyam pendidikan di lembaga-lembaga yang memberikan pengajaran Bahasa Inggris. Oleh sebab itu, Rumah Cahaya berusaha memfasilitasi dengan program Klub Bahasa Inggris. Anak-anak akan diperkenalkan dengan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, lewat permainan-permainan yang mendidik. Klub Bahasa Inggris ini akan berkegiatan setiap dua pekan sekali pada hari Sabtu pukul 13.00-15.00 WIB.

Kalam (Kajian Islam)
Ilmu dunia tanpa ilmu agama bisa berakibat pada pengingkaran terhadap Tuhan. Setiap anak atau anggota dari Rumah Cahaya berhak mendapatkan pembinaan atau bimbingan keagamaan yang bersifat kontinyu; sehingga melahirkan pribadi – pribadi yang tidak saja unggul dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga dalam akhlak diri sebagai seorang muslim.

Tahapan Pelaksanaan Program
1.      Survey dan pelaksanaan monitoring kesiapan Panti Asuhan dalam menerima program gerakan membaca bersama LAZ TPU Al Mumtaz.
2.     Seleksi pengelola Rumah Cahaya bersama pengurus Panti Asuhan
3.      Penghimpunan dana dan buku – buku (pengadaan koleksi)
4.     Pelaksanaan Program
5.     Monitoring dan Evaluasi
6.     Exiting Program (diarahkan bagi Panti Asuhan yang siap melaksanakan program sendiri/tidak lagi didampingi oleh LAZ TPU AL MUMTAZ

Entry Point Program
Sebagai tahap awal dari program ini secara keseluruhan, LAZ TPU AL MUMTAz telah berkomitmen untuk pembangunan Rumah Cahaya di Panti Asuhan Nurul Jadid Kabupaten Sambas, terletak di Dusun Lubuk Dagang, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas.
Paket Estimasi Kebutuhan dan Biaya Operasional Rumah Cahaya

Biaya Inventaris RUMCAY
No
Keterangan
Jumlah
1
1 unit Komputer
4.000.000,00
2
1 Unit Printer
600.000,00
3
1 Set Alat Olah Raga
1.000.000,00
4
1 Set DVD dan Audio
600.000,00

Total
6.200.000,00

Biaya Rutin (Setiap Bulan)
No
Keterangan
Jumlah
1
Beasiswa Pengelola 1 Org
150.000,00
2
Honour Tutor
500.000,00
3
Biaya Listrik
100.000,00
4
Biaya Pengolahan dan Pemeliharaan Buku
200.000,00
5
Biaya Komunikasi
100.000,00
6
Belanja Buku Bulanan
500.000,00

Total
1.550.000,00

Biaya Program (1 Tahun)
No
Keterangan
Jumlah
1
Kesektretariatan
9.600.000,00
2
Klub Membaca Per 1 kali pertemuan
1.200.000,00
3
Klub Menulis Per 1 Kali Pelatihan
2.400.000,00
4
Klub Bahasa Inggris Per 1 kali Pertemuan
3.600.000,00
5
Kajian KeIslaman Per 1 Kali Pertemuan
1.200.000,00

Total
18.000.000,00



STRATEGI PENGEMBANGAN
Seiring berjalannya waktu, kedepan Rumah Cahaya dapat dikelola secara mandiri oleh Panti Asuhan, sehingga LAZ TPU AL MUMTAZ hanya sebagai inisiator, stimulus pengembangan program yang dilakukan oleh Panti Asuhan.
Untuk tercapainya harapan tersebut, maka ke depan Rumah Cahaya akan lebih banyak lagi mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar, merangkul organisasi-organisasi sekolah maupun organisasi lainnya yang memiliki kepedulian pada bidang pendidikan, agar tumbuh rasa memiliki di hati masyarakat Sambas. Dengan demikian, Rumah Cahaya tak lagi menjadi milik LAZ TPU AL Mumtaz atau Panti Asuhan, tetapi juga milik masyarakat Sambas pada umumnya.

PENUTUP
Demikianlah proposal ini disusun dan diajukan. Semoga usaha pengembangan minat baca dan menulis melalui media Rumah Cahaya dapat direalisasikan dan mendapatkan dukungan dan bantuan sepenuhnya dari berbagai pihak.

Bantuan dan Donasi dapat disampaikan melalui
LAZ TPU AL MUMTAZ KABUPATEN SAMBAS
Cp. Denie, 085252615026
Email : laztpualmumtaz@yahoo.co.id
LAZ TPU AL MUMTAZ
Kabupaten Sambas

Denie
Kepala Cabang
KONTRIBUSI ANDA
Donor Buku
Anda bisa menjadi salah satu pendonor buku secara kontinyu setiap bulan selama satu tahun dengan estimasi biaya disesuaikan dengan kemampuan anda

Tenaga
Anda bisa menjadi penggiat program, jika lokasi anda berdekatan dengan Panti Asuhan; anda bisa merekomendasikan Panti Asuhan yang bisa dijadikan sebagai lokasi program. Jika anda memiliki keahlian, anda bisa menyumbangkan kemampuan anda untuk mengajarkan kepada anak – anak yang membutuhkan

Peluang CSR
Perusahaan anda bisa menjadi promotor program ini, setidaknya perusahaan anda dapat berkontribusi dalam pengadaan buku – buku untuk program gerakan literasi ini. Peluang ini dapat bekerja sama dengan penerbit buku yang kami rekomendasikan     

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates